Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih – Infeksi Saluran Kemih atau ISK akut adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan pada wanita dewasa, diperkirakan bahwa separuh dari semua wanita dewasa akan mengalami sedikitnya 1 kali episode Cysitis akut selam hidupnya dan 1 dalam 4 wanita tersebut akan mengalami episode rekuren (berulang). Kebanyakan infeksi pada saluran kemih disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang paling sering menyebabkan ISK adalah E. Coli. Saluran kemih yang dapat terinfeksi maliputi ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, namun yang paling sering adalah infeksi kandung kemih.

Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih merupakan penyakit infeksi yang menyerang saluran kemih, melalui ginjal, ureter, uretra, dan kandung kemih. Wanita 30 kali lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih, dibanding pria. Diperkirakan 10-20% wanita menderita infeksi saluran kemih paling tidak sekali dalam hidupnya.

Penyebab Penyakit Infeksi Saluran Kemih ada tiga : uretra wanita lebih pendek dibanding pria, hanya 2-5,3 cm. Letak muaranya dekat dengan vagina dan anus dan wanita tidak memiliki prostat sebagai antibakteri. Bakteri bisa berasal dari vagina, rektum (anus), daerah pudenda, daerah perineal, dari suami atau pasangan seksual. Gejala infeksi saluran kemih adalah :

  • Sering ingin buang air kecil (BAK) dan terasa sakit dengan kram kandung kemih
  • Terasa gatal atau panas saat BAK
  • Radang kandung kemih juga menyebabkan adanya darah dalam urin, serta dapat menyebabkan demam.
  • Sebagian penderita merasa sakit pinggang dan sakit punggung bagian bawah
  • Rasa tidak nyaman, mual dan muntah
  • Sakit pada permukaan kandung kemih dan kedinginan

Umumnya, Penyakit Infeksi Saluran Kemih disebabkan bakteri. Dengan antibiotik yang tepat, penyakit ini bisa sembuh. Langkah pertama yang akan dilakukan dokter ketika pasien terdiagnosa menderita infeksi adalah melakukan uji contoh urin pasien, untuk melihat apakah ada bakteri didalamnya. Kemudian dokter membuat resep antibiotik, jika pasien memang terinfeksi. Biasanya gejala infeksi akan hilang 1-2 hari, setelah pasien minum obat.

Infeksi saluran kemih berulang sering dialami wanita karena saluran uretra (saluran dari kandung kencing) pendek. Dengan demikian, kuman-kuman yang ada mudah masuk ke saluran kencing bahkan dapat berasal dari daerah vagina.

Infeksi pada kandung kemih dapat menimbulkan nyeri, bahkan dapat menjalar ke ginjal yang dapat menimbulkan masalah serius. Infeksi sakitginjal memerlukan pengobatan yang lama dan perawatan rumah sakit.

Pemeriksaan infeksi saluran kemih laboratorium untuk menegakkan diagnosis ISK adalah urin rutin dan kultru urin. Urin yang digunakan untuk pemeriksaan sebaiknya adalah urin pagi yaitu urin pertama kali dikeluarka pada pagi hari.

Pemeriksaan urin rutin meliputi kimia (berat jenis, pH, leukosit, esterase, nitrit, albumin, glukosa, keton, uroblinogen, bilirubin, darah), sedimen mikroskopis (eritrosit, leukosit, silinder, epitel sel, bakteri, kristal), dan makroskopis (warna dan kejernihan). Apabila anda mendapat hasil positif untuk pemeriksaan nitrit, leukosit esterase, leukosit dan eritrosit disertai pemeriksaan bakteri positif pada mikroskopis sedimen maka hal tersebut mengindikasikan terdapatnya ISK. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk pengobatan.

Cara Mengatasi Saluran Kemih

Jika mengalami infelsi saluran kemih atau anyang anyangan, lakukan:

  • Banyak minum untuk mengeluarkan bakteri. Minum jus cranberry dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih. Jika sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, diskusikan dulu dengan dokter, sebab jus cranberry dapat mempengaruhi penyerapan jenis obat-obatan tertentu.
  • Jangan menahan buang air kecil. Segera ke belakang begitu ingin buang air kecil.
  • Setelah buang air besar, bersihkan kotoran dari arah depan ke belakang.
  • Buang air kecil setelah berhubungan intim dapat membuang bakteri.
  • Pastikan vagina tidak kering saat berhubungan intim. Jika perlu gunakan lubrikan atau pelumas buatan.

Penyakit infeksi saluran kemih bisa diatasi salah satunya adalah dengan mengonsumsi campuran dari jus stroberi, semangka dan juga mentimun. Caranya adalah :
Bahan yang digunakan : 50 gram buah stroberi yang sudah telebih dahulu di bersihkan, 100 gram semangka, dan 100 gram mentimun serta 50 gram es yang sudah diserut.
Cara membuatnya adalah : potonglah semua buah-buahan tadi, kemduian dicampurkan dan di blender. Minumlah selagi jus masih dingin.

Selain itu, beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk Anda penderita penyakit infeksi saluran kemih adalah :

  1. Selama Anda sedang sakit infeksi saluran kemih, maka sebaiknya jauhi jenis makanan yang mengandung asam dan makanan yang pedas. Anda juga harus menghindari jenis minuman dan juga makanan seperti teh, kopi, cokelat, minuman ringan, buah jambu biji, buah jeruk, buah nanas, dan buah stroberi, anggur, minuman beralkohol dan minuman yang berkabonasi.
  2. Sebaiknya minumlah air putih yang lebih banyak untuk membantu membuat saluran Anda agar lebih lancar lagi.
  3. Mengonsumsi jenis buah-buahan dan juga sayuran. Namun hindari beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang sudah di sebutkan diatas.
  4. Meningkatkan sistem kekebalan daya tahan tubuh dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C sampai 3000 mg dalam sehari.
  5. Mengonsumsi jenis makanan dengan kandungan mineral atau juga zinc. Misalnya adalah seperti salad, kacang-kacangan, sereal, buah pisang dan keju serta ikan.
  6. Mengonsumsi buah cranberry. Buah ini merupakan salah satu jenis buah dengan kadnungan proanthocyanidins yang bisa membantu mengeluarkan bakteri E.coli yang menempel pada dinding saluran kemih Anada.
  7. Mengonsumsi jenis tablet rasa cranberry atau juga mengonsumsi jus cranberry namun tanpa mengandung gula.

Penyakit Infeksi Saluran Kemih


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>