Penyakit Infeksi Saluran Kemih

Infeksi Saluran Kemih atau ISK akut adalah salah satu penyakit yang paling banyak ditemukan pada wanita dewasa, diperkirakan bahwa separuh dari semua wanita dewasa akan mengalami sedikitnya 1 kali episode Cysitis akut selam hidupnya dan 1 dalam 4 wanita tersebut akan mengalami episode rekuren (berulang).

Kebanyakan infeksi pada saluran kemih disebabkan oleh bakteri. Bakteri yang paling sering menyebabkan ISK adalah E. Coli. Saluran kemih yang dapat terinfeksi maliputi ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, namun yang paling sering adalah infeksi kandung kemih.

Infeksi saluran kemih berulang sering dialami wanita karena saluran uretra (saluran dari kandung kencing) pendek. Dengan demikian, kuman-kuman yang ada mudah masuk ke saluran kencing bahkan dapat berasal dari daerah vagina.

Infeksi pada kandung kemih dapat menimbulkan nyeri, bahkan dapat menjalar ke ginjal yang dapat menimbulkan masalah serius. Infeksi pada ginjal memerlukan pengobatan yang lama dan perawatan rumah sakit.

Pemeriksaan infeksi saluran kemih laboratorium untuk menegakkan diagnosis ISK adalah urin rutin dan kultru urin. Urin yang digunakan untuk pemeriksaan sebaiknya adalah urin pagi yaitu urin pertama kali dikeluarka pada pagi hari.

Pemeriksaan urin rutin meliputi kimia (berat jenis, pH, leukosit, esterase, nitrit, albumin, glukosa, keton, uroblinogen, bilirubin, darah), sedimen mikroskopis (eritrosit, leukosit, silinder, epitel sel, bakteri, kristal), dan makroskopis (warna dan kejernihan). Apabila anda mendapat hasil positif untuk pemeriksaan nitrit, leukosit esterase, leukosit dan eritrosit disertai pemeriksaan bakteri positif pada mikroskopis sedimen maka hal tersebut mengindikasikan terdapatnya ISK. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk pengobatan.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>