Pencegahan ISK

Infeksi saluran kemih (ISK) merupakan penyakit infeksi akibat bakteri. Banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan ISK, yang utama adalah bakteri Escherchia coli (E. coli) yang banyak terdapat pada tinja manusia dan biasa hidup di kolon. Bakteri ini bisa menyebabkan ISK jika pembersihannya salah.

Penyebab lain adalah aktivitas seksual, sering disebut ‘sistisis bulan madu’. Mikroorganisme yang sering menyebabkan kondisi ini adalah klamidia dan mikroplasma yang dapat menyebabkan ISK pada wanita dan pria. ISK yang disebabkan mikroorganisme ini, terbatas pada uretra dan sistem reproduksi.

Jika mengalami gejala ISK, seperti sering buang air kecil yang disertai rasa sakit, rasa tidak enak diperut bagian bawah dan sebagainya, lakukan pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan meliputi tes urin dan tes kultur urin. Biasanya akan ditemukan sel darah putih (leukosit) pada urin, bakteriuria (bakteri pada urin) dan hematuria (darah pada urin). Jika dilakukan biakan akan ditemukan bakteri penyebab infeksi. Jika bakteri penyebab sudah diketahui. Pengobatan dilakukan  dengan antibiotik yang spesifik untuk bakteri tersebut.

Pada infeksi berat atau yang mengalami komplikasi, misalnya infeksi sudah menjalar ke ginjal, pasien perlu rawat inap. Dokter akan memberikan antibiotik secara intravena atau melalui infus, dan dilakukan kateterisasi jika sudah ada retensi urin.

Ada beberapa cara untuk mencegah ISK atau infeksi saluran kemih. Usahakan BAK saat bangun di pagi hari. BAK dapat mengeluarkan bakteri dati kandung kemih yang akan keluar bersama urin. Jarang BAK menyebabkan bakteri cepat berkembang biak dalam kandung kemih. Minum air putih 6-8 gelas sehari. Minuman ringan yang biasanya mengandung garam, kurang baik sebab dapat memperlambat BAK.

Buah-buahan, sari buah, jus, baik untuk dikonsumsi sebab dapat melancarkan peredaran darah. Apabila perut sakit atau terasa terbakar, kompres dengan air hangat.

Beberapa tips untuk mencegah ISK :

  • Perhatikan kebersihan misalnya setiap BAK bersihkan/ cebok dari depan ke belakang, agar bakteri tidak masuk ke saluran urin dari rektum.
  • Ganti pakaian dalam setiap hari agar bakteri tidak dapat berkembang biak.
  • Pakaian dalam sebaliknya dari bahan katun, yang dapat memperlancar sirkulasi udara.
  • Hindari pakaian ketat yang dapat mengurangi ventilasi udara dan mendorong perkembangbiakan bakteri.
  • BAK sesering mungkin (setiap 3 jam) untuk mengosongkan kandung kemih. Menunda BAK merupakan sebab terbesar dari ISK.
  • BAK sesudah hubungan intim, agar saluran urin terbebas dari bakteri.
  • Hindari kafein, minuman mengandung karbonat dan alkohol yang dapat mengiritasi kandung kemih.
  • Konsultasi ke dokter bila mengalami gejala ISK.

=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>