Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Jika dokter berpikir bahwa anda terkena infeksi saluran kemih, dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan sampel urine atau air seni anda untuk pemeriksaan bakteri yang terkadung pada urine. Kemudian dokter akan memberikan resep antibiotik untuk anda jika dalam pemeriksaan anda positif terdiagnosa infeksi saluran kemih. Biasanya, gejala-gejala infeksi akan menghilang dalam 1-2 hari setelah anda memulai pengobatan dengan antibiotik. Pastikan anda meminum semua obat yang diberikan dokter, bahkan jika kondisi anda sudah membaik.

Dokter mungkin juga akan menyarankan suatu obat infeksi saluran kemih untuk mengurangi rasa sakit pada saluran perkemihan yang terinfeksi dan membuat anda merasa lebih baik, sementara itu antibiotik yang anda minum bekerja. Mungkin ada salah satu obat yang anda minum berdampak urine menjadi berwarna kuning terang. Jadi jangan terkejut saat anda buang air kecil.

Jika anda sering mengalami infeksi saluran kencing, anda dapat mencoba saran dan anjuran dibawah ini. Konsultasikan dengan dokter tentang apa saja perubahan-perubahan yang dapat anda lakukan dan membantu anda. Dokter mungkin juga akan memberikan kepada anda obat-obatan dalam dosis rendah untuk bebrapa bulang atau jangka lama untuk mencegah infeksi kambuh kembali.

Jika hubungan seks adalah yang menjadi sebab  timbulnya infeksi saluran kemih, dokter mungkin akan merekomendasikan dan menyarankan anda untuk mengonsumsi dalam dosis tunggal dan dosis rendah antibiotik setelah berhubungan seksual untuk mencegaj infeksi saluran kemih.

Tips pencegahan infeksi saluran kemih adalah :

  • Minumlah cukup banyak air untuk membersihkan bakter. Meminum jus berry/ cranberry bisa juga membantu mencegah infeksi saluran kemih. Akan tetapi, jika anda sedang mengonsumsi warfarin (coumadin-koagulansia), periksakan dulu ke dokter sebelum meminum jus cranberry untuk pencegahan infeksi saluran kemih. Dokter mungkin akan menyesuaikan dosis warfarin yang anda konsumsi atau diperlukan pemeriksaan darah untuk mengatur dosis yang boleh anda konsumsi.
  • Jangan menahan jika anda ingin buang air kecil. Buang air kecil jika memang anda ingin dan perlu.
  • Bersihkan daerah terkait setelah buang air besar dari depan ke belakang.
  • Buang air kecil setelah melakukan hubungan seksual untuk membantu membersihkan bakteri keluar.
  • Gunakan cukup lubrikasi (pelicin/pelumas) untuk melumasi vagina selama hubungan seks. Cobalah gunakan lubrikasi dengan sedikit pelumas sebelum berhubungan jika vagina tidak terlalu kering.
  • Jika anda sering mengalami inefeksi saluran kemih, anda mungkin perlu menghindari pemakaian diafragma sebagai metode kotrasepsi. Tanyakan kepada dokter tentang pilihan metode lainnya dalam kontrasepsi.

Penyakit infeksi saluran kemih dapat menjadi sangat menyakitkan. Tetapi, obat-obatan dapat membantu agar tidak menjadi ancaman serius bagi kesehatan anda. Organ ginjal anda dapat juga terinfeksi, yang dapat menjadi masalah kesehatan yang lebih serius. Infeksi pada ginjal biasanya memerlukan pengobatan antibiotik dalam jangka panjang dan terkadang perlu pengobatan dengan perawatan dirumah sakit.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>