Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Secara umum infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Terlepas dari itu, infeksi dapat terjadi terpisah berdasarkan organ yang terlibat.

1.Prostatitis akut dan kronik

Prostatitis akut disebabkan oleh infeksi akut pada seluruh kelenjar prostat, dengan gejala demam dan nyeri di daerah prostat. Infeksi ini sering berkaitan dengan infeksi gonorrhea atau raja singa (kencing nanah) yaitu infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Prostatitis kronis dapat disebabkan oleh penyakit inflamasi maupun non inflamasi. Misalnya refluks di dalam prostat, paparan kuman terus-menerus, penyakit autoimun, metaboli urin yang bersifat iritatif atau nyeri neuropatik. Prostatitis kronik disebabkan bakteri, merupakan penyebab tersering infeksi saluran kemih yang berulang-ulang pada pria.

2. Epididimitis

Merupakan infeksi atau peradangan epididimitis yang terdapat dalam kantung zakar. Pada pria berusia kurang dari 35 tahun, penyebab terseringnya adalah chlamyda trachomatis dan Neisseria gonorhoeae.

3. Orchitis

Seringkali disebabkan virus terutama virus penyebab gondongan (parotitis). Infeksi ini dapat dihindari melalui vaksinasi.

4. Pielonefritis

Infeksi pada ginjal yang terutama terjadi akibat infeksi yang menjalar dari saluran kemih bagian bawah. Namun infeksi dapat juga terjadi melalui kuman yang terbawa di dalam darah. Infeksi pada ginjal dapat bersifat fatal, dan juga merupakan salah satu pencetus terbentuknya batu ginjal.

5. Sistitis bakterial

Merupakan infeksi pada kandung kemih yang terjadi akibat perjalaran infeksi dari uretra. Sistitis umumnya terjadi pada pria dengan kelainan anatomis gangguan pengosongan kandung kemih atau pada mereka yang dipasang kateter (selang bekemih).

6. Uretritis

Merupakan infeksi saluran kemih bagian terluar yang dapat disebabkan oleh oenyakit menular seksual ataupun kuman penyebab infeksi saluran kemih. Gejala pada keduanya hampir sama. Pria berusia 20-35 tahun merupakan kelompok dengan risiko tinggi terjadinya uretritis, mengingat kemungkinann adanya pasangan seksual lebih dari satu ataupun pratek seksual beresiko tinggi, seperti tidak menggunakan kondom atau hubungan melalui anus.

Penyebab tersering uretritis adalah gonorea dan klamidia disusul dengan penyakit menular seksual menular lainnya. Penyebab lainnya adalah iritasi akibat bahan kimia (sabun, losion, jel kontrasepsi), lecet akibat gesekan mekanis (prosedur pembedahan, aktivitas seksual atau masturbasi berlebihan) atau akibat penyempitan uretra.


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>