Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih  – Secara umum infeksi saluran kemih dapat dibagi menjadi dua, yaitu bagian atas dan bawah. Terlepas dari itu, infeksi dapat terjadi terpisah berdasarkan organ yang terlibat.

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih adalah :

1.Prostatitis akut dan kronik

Penyakit prostat akut disebabkan oleh infeksi akut pada seluruh kelenjar prostat, dengan gejala demam dan nyeri di daerah prostat. Infeksi ini sering berkaitan dengan infeksi gonore atau raja singa (kencing nanah) yaitu infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Prostatitis kronis dapat disebabkan oleh penyakit inflamasi maupun non inflamasi. Misalnya refluks di dalam prostat, paparan kuman terus-menerus, penyakit autoimun, metaboli urin yang bersifat iritatif atau nyeri neuropatik. Prostatitis kronik disebabkan bakteri, merupakan penyebab tersering infeksi saluran kemih yang berulang-ulang pada pria.

2. Epididimitis

Merupakan Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih  adalah infeksi atau peradangan epididimitis yang terdapat dalam kantung zakar. Pada pria berusia kurang dari 35 tahun, penyebab terseringnya adalah chlamyda trachomatis dan Neisseria gonorhoeae.

3. Orchitis

Seringkali disebabkan virus terutama virus penyebab gondongan (parotitis). Infeksi ini dapat dihindari melalui vaksinasi.

4. Pielonefritis

Infeksi pada ginjal yang terutama terjadi akibat infeksi yang menjalar dari saluran kemih bagian bawah. Namun infeksi dapat juga terjadi melalui kuman yang terbawa di dalam darah. Infeksi pada ginjal dapat bersifat fatal, dan juga merupakan salah satu pencetus terbentuknya batu ginjal.

5. Sistitis bakterial

Merupakan infeksi pada kandung kemih yang terjadi akibat perjalaran infeksi dari uretra. Sistitis umumnya terjadi pada pria dengan kelainan anatomis gangguan pengosongan kandung kemih atau pada mereka yang dipasang kateter (selang bekemih).

6. Uretritis

Merupakan infeksi saluran kemih bagian terluar yang dapat disebabkan oleh oenyakit menular seksual ataupun kuman penyebab infeksi saluran kemih. Gejala pada keduanya hampir sama. Pria berusia 20-35 tahun merupakan kelompok dengan risiko tinggi terjadinya uretritis, mengingat kemungkinann adanya pasangan seksual lebih dari satu ataupun pratek seksual beresiko tinggi, seperti tidak menggunakan kondom atau hubungan melalui anus.

Penyebab tersering uretritis adalah gonorea dan klamidia disusul dengan penyakit menular seksual menular lainnya. Penyebab lainnya adalah iritasi akibat bahan kimia (sabun, losion, jel kontrasepsi), lecet akibat gesekan mekanis (prosedur pembedahan, aktivitas seksual atau masturbasi berlebihan) atau akibat penyempitan uretra.

Diagnosis Infeksi Saluran Kemih

Diganosis yang dilakukan untuk membantu menegakkan infeksi saluran kemih kompleks tidak bisa dilakukan dengan mudah. Sehingga biasanya sering luput dari diagnosis yang bisa menyebabkan terjadinya masalah gejala infeksi saluran kemih persisten, progresifitas dan menjadi parut pada ginjal serta pada akhirnya menyebabkan terjadinya kehilangan fungsi ginjal. Dan dari kedua jenis penyakit infeksi saluran kemih berdasarkan dari ada atau tidaknya komplikasi yang muncul, yang perlu mendapatkan perhatian lebih serius lagi adalah untuk penyakit infeksi saluran kemih kompleks karena pada umumnya akan terjadi pada usia yang awal yakni adalah usia kurang dari dua tahun dan biasanya sering luput dari diagnosis yang dilakukan, padahal jika infeksi saluran kemih kompleks bisa mendapatkan penanganan dengan baik dan benar dari awal maka akan sangat membantu dalam memperbaiki prognosis yang paling utama dari efek jangka panjang misalnya adalah seperti parut pada ginjal yang pada akhirnya bisa mengakibatkan masalah penyakit gagal ginjal kronik.

Selain itu, mengingat dari pentingnya diagnosis yang dilakukan serta penanganan yang paling tepat untuk membantu memperbaiki fungsi dari ginjal pada mereka yang menderita penyakit infeksi saluran kemih kompleks. Patogenesis dari penyakit infeksi saluran kemih adalah :

  1. Peranan dari patogenesi bakteri. Bakteri patogen yang berasal dari urin – presentasi klinis infeksi saluran kemih, dan tergantung dari suatu perlengketan pada mukosa bakteri serta faktor virulensi.
  2. Peranan dari faktor tuan rumah : bisa disebabkan karena faktor bakteri dan juga status dari saluran kemih si pasien yang biasanya mempunyai suatu pernana yang penting untuk koloninsasi dari bakteri pada saluran kemih. Kolonisasi dari bakteri byang biasaya seriang mengalami kekambuhan dan jika memang terdapat adanya suatu kelainan yang terjadi pasa struktur anatomi saluran kemih. Kemudian dilatasi saluran kemih yang juga termasuk pada pelvis ginjal namun tanpa obstruksi saluran kemih. Dilatasi pada saluran kemih dan termasuk adalah pelvis ginjal namu tanpa obstruksi saluran kemih – gangguan yang terjadi pada klirens normal dan biasanya akan sangat peka pada suatu infeksi yang terjadi.

Hampir dari penyebab infeksi saluran kemih diakibatkan oleh invasi mikroorganisme asending yang berasal dari uretra menuju ke kandung kemih. Dan invasi dari mikroorganisme yang bisa mencapai ginjal biasanya dipermudah dengan cara refluks verkoureter. Pada wanita, biasanya infeksi saluran kemih yang terjadi dimulai dari anal berkolini pada daerah vulva, kemudian masuk ke dalam kandung kemih lewat uretra yang pendek dan juga secara spontan atau juga mekanik akibat adanya suatu hubungan seksual. Dan selain itu, kemungkinan dari suatu perubahan pada pH dan juga flora pada vulva yang terjadi pada siklus menstruasi.

Itulah informasi mengenai penyakit infeksi saluran kemih dan jenis infeksi saluran kemih. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Terimakasih.

Jenis dan Penyebab Infeksi Saluran Kemih


=====================================

>>> Kapsul Kumis Kucing Obat Herbal Alami Membantu Meluruhkan Batu Urine, Mencegah Pengendapan Batu Ginjal Serta Mengatasi Radang Saluran Kemih, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Infeksi Saluran Kemih and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>